REVIEW
BUKU
PHILOSOPHY
OF SCIENCE INTRODUCTION (473-492)
THE
STRUCTURE OF SCIENTIFIC REVOLUTIONS (503-519)
THE
PHILOSOPHER’S HAND BOOK: ESSENTIAL READINGS
FROM PLATO TO KANT (401-414)
Karya
Gian-Carlo Rota & Jeffrey Thomas Crants
Thomas Khun
Jaakko Hintikka
New York: Stanley Rosen
Tahun 2000
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. H. Abdul Munir Mulkhan, S.U
Disusun
oleh :
Umi
Habibah (15490052) Filsafat Umum A
JURUSAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS ILMU
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UINSUNAN
KALIJAGA
YOGYAKARTA
2016
Pentingnya
Revolusi dalam Ilmu Pengetahuan
Dalam
literatur filosofis pendekatan fondasionalis diilustrasikan oleh ide-ide dari
realis British G. E. Moore dan Bertrand Russel tentang pengalaman[1],
pengalaman merupakan suatu objek yang telah terbukti dan apa pun yang langsung
diberikan kepadanya sebuah objek dari pengetahuan, yang dibedakan dari objek
deskripsi yang kita tidak memiliki sebuah akses langsung. Tujuannya untuk merumuskan
pandangan yang mendasari semua ilmu khusus, Russell berpendapat jika objek
secara langsung mengungkapkan tentang kebenaran maka itu akan berkaitan dengan
pengetahuan intuitif yaitu bertumpu pada kepercayaan yang telah memiliki
kebenaran yang jelas dengan sendirinya untuk menemukan fakta inderawi acuan. Beliau
berpendapat juga bahwa semua pengetahuan atas dasar pengalaman, yang didasarkan
pada kepercayaan yang tidak dapat dibenarkan maupun ditolak oleh pengalaman,
namun setidaknya dalam penerapannya yang lebih konkret, tampak banyak fakta
pengalaman berakar kuat. Dengan demikian, kita dapat memiliki pengetahuan baik
oleh pengetahuan atau deskripsi.
Frank
Ramsey menyarankan juga bahwa keyakinan tersebut dibentuk oleh yang metode yang
tepat. Lebih umum, pengetahuan dapat dianggap sebagai “permainan” dalam arti
umum dari teori matematika[2].
Sudut pandang ini menawarkan beberapa wawasan menarik. Argumen cogito adalah
Descartes bahwa dalam menghasilkan lapangan untuk kesimpulan oleh aktivitas
sendiri berpikir, bahkan pengetahuan sangat penting, dari apa yang kita sendiri
membuat atau memproduksi dan mungkin hanya kreasi seperti kita.ini
"knowldge asli seperti pengetahuan pembuat" adalah bermata dua satu.
Immanuel
kant besar mengambil langkah dengan memperluas ide-idenya. Kant menyatakan
bahwa kita dapat memiliki pengetahuan kelas yang lebih tinggi di Mathmatics karena
diri memberlakukan kerangka konsep-konsep matematika pada realitas. Menurut kant
pengenaan berlangsung dalam persepsi rasa, tampilan yang terbukti untuk tidak
melakukan keadilan untuk fakta-fakta. tetapi ide dasarnya berfokus pada epistemologi
yang manusia lakukan dalam memperoleh pengetahuan kita tentang objek dan bukan
pada objek-objek yang hoth menarik dan Promosing, bahkan berpikir itu belum
digunakan sangat banyak dalam teori epistemologis kontemporer. Orang yang
berilmu akan mendapatkan ganjaran yang setimpal yang sesuai dengan kapasitas
ilmu yang dimilikinya, mereka yang berilmu akan memiliki keuntungan yang luar
biasa. teori ilmu didirikan diproteksi oleh komunitas sains, yang melihat
ketertarikan mereka dan mata pencaharian mereka tergantung pada penerimaan
terus-menerus.
Pemikir
yang telah memainkan peran kunci dalam membentuk dunia seperti saat ini dan
mereka adalah Karl Marx, Sigmund Freud, dan Charles Darwin[3].
Menurut Marx yang pertama klamor untuk kepentingan faktor-faktor ekonomi dalam
fenomena sosial. Freud berinisiatif belajar lapisan tersembunyi dalam pikiran.
Darwin mengusulkan ide evolusi. Sebagai ide-ide yang berkembang,
spekulasi-spekulasi penemuan mereka ditolak. Marxism itu global tapi mati
sebagai sistem ekonomi. Psikiatri kontemporer telah melampaui psikoanalisis
Freudian, dan pada praktiknya tidak ada pernyataan asli Darwin tentang evolusi
yang masih dipegang kebenaran ilmunya. Marx, Freud, dan Darwin akan diingat bukan
untuk kontribusi mereka tetapi untuk cakrawala yang mereka buka. Ilmu tidak
bisa bebas ideology, lebih dari itu bisa bebas berhitung. Yang membahayakan
adalah penerimaan konseptual dasar yang tidak kritis yang diambil dari pikiran
sehat. Revolusi
ilmiah diresmikan oleh tumbuh rasa, lagi sering dibatasi untuk subdivisi sempit
komunitas ilmiah, bahwa paradigma yang ada telah berhenti berfungsi secara
memadai dalam eksplorasi aspek alam yang memiliki paradigma itu sendiri
sebelumnya memimpin jalan.
DAFTAR
PUSTAKA
Hintikka, Jaakko. 2000. The Philosopher’s Hand Book: Essential
Readings From Plato To Kant. New York: Stanley Rosen.
Khun, Thomas. 2000. The Structure Of Scientific Revolutions.
New York: Stanley Rosen.
Rota, Gian-Carlo & Jeffrey, Thomas
Crants. 2000. Philosophy Of Science
Introduction. New York: Stanley Rosen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar